Rabu, 01 Oktober 2008

Asal Orang Madagascar dari Indonesia?

. Rabu, 01 Oktober 2008


Cukup terkejut aku baru-baru ini, pas lagi jalan-jalan di dunia maya.... di salah satu forum tentang Madagascar (bukan film Madagascar loh... :D)ternyata Presiden Madagascar adalah seorang keturunan Melayu-Indonesia yang sukses terpilih sebagai Presiden Republik Malagasi (nama lain Madagascar)malalui proses pemilu. dan ternyata penduduk asli Madagascar mirip dengan orang Jawa atau Indonesia pada umumnya. Padahal dari segi geografis, Madagascar sangat jauh dengan Indonesia karena terletak di Afrika (Pulau besar sebelah timur Afrika). Harusnya secara rasional penduduknya kurang lebih sama dengan penduduk Afrika, tapi ternyata salah. Penduduk asli Madagascar lebih mirip ras Asia Tenggara atau tepatnya Indonesia.



Gajah Mada?
Aku merasa tertarik dengan artikel ini dan (mungkin) karena ada rasa kedekatan historis. Sebelumnya aku pernah mendengar Asal muasal Madagascar ada hubungannya dengan Mahapatih Majapahit yaitu Gajah Mada yang konon setelah bebas tugas dan dianugerahi tanah di madakaripura (daerah probolinggo Jatim), beliau memimpin Ekspedisi berlayar menuju barat dan sampai di Pulau Madagaskar. Faktanya sampai sekarang tidak ada yang tahu dimana Gajah Mada disemayamkan. Jadi kemungkinan teori ini ada benarnya, Gajah Mada memimpin ekspedisi sangat jauh sampai de Madagaskar sehingga tidak mungkin untuk kembali lagi ke Majapahit (Indonesia sekarang) dan akhirnya menetap di Madagascar sampai akhir hayatnya.

Googling
Aku mulai googling mencari-cari tentang Madagaskar. Banyak informasi tentang negara Pulau terbesar keempat di dunia ini. Mulai wikipedia, www.visitmadagascar.com, www.kidcyber.com.audan lain-lain. Semua menyatakan Madagaskar sebelumnya pulau tidak berpenghuni sampai kira-kira 1500-2000 tahun yang lalu Pelaut-pelaut dari Indonesia berlayar mengarungi Samudera Hindia yang luas dan sampai di Pulau Madagaskar (dekat afrika).
Dari berbagai sumber ini menyebutkan bahwa Orang Indonesia sudah berlayar jauh sebelum masa Majapahit karena berkisar antara 1500-2000 tahun yang lalu. Tapi mungkin saja berita tentang Gajah Mada ada benarnya juga meskipun bukan yang pertama sampai di Madagaskar.
Jadi dari berbagai situs tersebut semua menyatakan asal-muasal penduduk Madagascar pertama kali adalah orang-orang (pelaut) Indonesia yang datang bertahap mulai dari pertama kali pakai kapal bercadik sampai kapal layar besar yang bisa menampung ratusan orang dan banyak barang dagangan. Baru setelah itu orang Afrika, Arab, India, dan lain-lain datang.

Penduduk Madagascar sekarang ada berbagai kelompok etnik :
Merina (27%), Betsimisaraka (15%), Betsileo (12%), Tsimihety (7%), Sakalava (6%), Antaisaka (5%) and Antandroy (5%)
Merina dan Betsileo mirip dengan penduduk asli jawa (Indonesia).
Bahkan dulu ada kerajaan Merina yang sangat besar dan disegani di kawasan itu sampai Eropa. Kerajaan ini merupakan kerajaan melayu-Indonesia di Madagascar yang jaya sampai datangnya orang-orang perancis menyerang kerajaan ini.

Bahasa yang dipakai di Madagaskar adalah bahasa Malgasy yang mirip dengan bahasa Maanyan (kalimantan) dan bahasa Perancis (karena merupakan koloni Perancis)

Ternyata selain di Suriname (Amerika Selatan), New Caledonia (Oceania), dan Belanda yang banyak orang Jawa, di belahan bumi lain kita juga ada saudara yaitu di Pulau dekat Afrika, MADAGASCAR. Kita sebagai orang Indonesia bangga mempunyai saudara nun jauh di sana yang tidak banyak yang tahu kalau mereka ada kedekatan historis dan budaya sama kita.

Baca Juga Tulisan Presiden Madagaskar berikut: Melestarikan Warisan Melayu-Indonesia yang Ada di Madagaskar Oleh: Mboara Andrianarimanana (Presiden Madagascar)
yang disampaikan dalam seminar pada acara Festival Budaya Melayu se-Dunia pada tahun 2003 yang diselenggarakan di Pekanbaru.

115 comments:

Anonim mengatakan...

gw tertarik dgn artikel ni....
mo numpang komentar
- yang pertama datang di Madagaskar orang melayu-Indonesia (mungkin) orang Bugis yang terkenal pelaut ato orang Banjar.
- Gajahmada sbg generasi ke sekian yang bermigrasi ke Madagaskar, tapi ini yang mendirikan kerajaan besar di Madagaskar yaitu : kerajaan Merina yang terkenal dan disegani.
- Bahasa Malagasy perpaduan bahasa melayu (maanyan) dan bahasa jawa, contoh hitungan angka disana sama kaya bahasa jawa : sidji, loro, telu, dll.
Mungkin seperti di Indonesia menjadikan bahasa melayu sebagai bahasa nasional (bukan bahasa jawa) padahal pusat pemerintahan di jawa.
di Madagaskar karena orang jawa datang belakangan tetap menghormati bahasa yang berkembang di sana, meskipun kelompok ini lebih besar dan berkembang (merina).

demikian kalo ada salah-salah maapin ye....
thanks to admin

Anonim mengatakan...

mungkin yang pertama datang generasi dari kerajaan Sriwijaya, kira2 1500-2000 tahun yang lalu. Knapa bahasanya sama dengan di borneo (ma'anyan)? bisa dilihat sekarang antara palembang dan banjar banyak sekali kesamaan budaya,nama dan bahasa. ato dulu sumatra dan kalimantan satu pulau (belum pisah).
orang jawa kira2 pada jaman majapahit (menurut orang madagaskar 600 tahun yang lalu) datang dengan kapal-kapal besar dan berjumlah banyak.

v mengatakan...

wah ... ini ilmu baru. T kasih yee..

redaksi mengatakan...

Ini merupakan berita besar dan kabar besar yang harus banyak di ketahui masyarakat indonesia agar mereka tahu akan kekayaan bangsa kita,kita juga bisa menginjakkan kaki di negara lain layaknya dulu belanda menginjakkan kaki di indonesia,tapi klo belanda ga banyak keturunannya di indonesia.

Anonim mengatakan...

wah ternyata hebat juga orang jawa dulu... *dulu lo... ya... :D *. sampai ada dimana-mana. Tapi sekarang sudah pada dledek :)) , termasuk yang komen ini =))

busmalem mengatakan...

kayaknya gak mungkin kl orang jawa yang pertama menemukan pulau ini krn jawa gak punya budaya bahari yg mumpuni seperti orang melayu dan bugis kalopun bener gajah mada smp ke madagaskar itupun pada abad pertengahan setelah jawa mendapat influence yg cukup soal bahari dari interaksi mereka dgn sriwijaya, bugis bahkan tiongkok sementara dimadagaskar telah hidup keturunan etnis melayu dan bugis lebih dahulu...

masoro mengatakan...

@ busmalem :
ya saya setuju dengan anda... memang yang pertamakali datang dan mendiami Madagaskar bukan orang Jawa, yaitu orang malayu (mungkin orang2 Sriwijaya) kira2 2000 tahun yang lalu tapi dengan jumlah2 kecil. Sedangkan orang2 Jawa datang kira2 sekitar 600 tahun yang lalu dengan jumlah besar yang kemudian beberapa tahun disana mendirikan kerajaan Merina yang termasyur.

Anonim mengatakan...

memang nggak jelas darimana asal-usul melayu, jawa dan bugis yang jelas masing2 punya karakter ada yg suka bahari ada yg suka bertani dll ini perpaduan culture yg menarik kalau dipadukan menjadi kekuatan yg ruar biasa

Anonim mengatakan...

Itu hebatnya Indonesia. Skrg org nganggep Indonesia itu primitif. Atlantis, sebuah peradaban besar diteliti oleh profesor asal brazil selama 30 thn, dan ia menyatakan Indonesia lah tempat yang paling mungkin dulunya adalah atlantis! Saya punya INFO menarik. Madagascar itu berasal dr bahasa Jawa yang bernama "MADOGO SEKAR" yang artinya dari kejauhan terlihat bunga2 indah. Itu didapat ketika pelayar indonesia hmpir sampai ke madagascar, dan melihatnya dari kejauhan.

Budi mengatakan...

Jika Mau jujur, sebenarnya nenek moyang bangsa madagaskar (Merina) itu adalah Etnis Dayak Maanyan. kedatangan mereka ke madagaskar kuranglebih 2000 tahun yang lampau. Bangsa Dayak di borneo sebelum kedatangan agama Islam ke nusantara Adalah Bangsa Maritim ( pelaut ) yang tinggal di pesisir Kalsel ( saat itu suku banjar belum terbentuk.nenek moyang suku banjar sendiri di bentuk oleh campuran antara 50 % orang Dayak Maanyan dan 50 % suku melayu, bugis dan jawa).tapi setelah Islam Datang mereka banyak yang masuk ke pedalaman( menghindari islam )hingga bermetamorfosis budaya menjadi berkebudayaan terestrial ( peladang ). karena itu jangan heran jika bahasa madagaskar mirip/ sama dengan bahasa Dayak maanyan

Anonim mengatakan...

Penduduk Madagaskar Berasal Dari Dayak Kalimantan ?
Orang-orang Malagasy yang menghuni Madagaskar ternyata membawa gen nenek moyangnya dari Afrika Timur yang berdekatan, serta dari Kalimantan yang jaraknya jauh. Hal ini menimbulkan dugaan adanya migrasi besar-besaran dari Asia kembali ke Afrika sekitar 2.000 tahun lalu.

Menurut penelitian genetis yang dilakukan para peneliti Inggris, temuan ini cocok dengan kenyataan bahwa bahasa Malagasy memiliki dialek yang lebih mirip dengan dialek orang-orang Indonesia dibanding lidah orang Afrika. Meski begitu, masih menjadi pertanyaan bagaimana orang-orang Dayak bisa datang ke Madagaskar.

Pertanyaan ini wajar mengingat Madagaskar - sebuah pulau besar di Samudra Hindia - berjarak 6.400 kilometer dari Indonesia, sementara dari pantai Afrika, ia hanya terpisah 400 kilometer.

Isolasi alam terhadap Madagaskar telah membuat hewan-hewan di sana berevolusi secara unik, sehingga banyak hewan yang tidak dijumpai di tempat lain, seperti lemur dan burung-burung langka.

Adapun mengenai darah Dayak dalam penduduk Malagasy, para peneliti genetik dari universitas Cambridge, Oxford dan Leicester, mendapatkannya setelah mereka meneliti kromosom-kromosom Y pada penduduk Madagaskar yang diturunkan tanpa perubahan dari ayah ke anak. Mereka juga meneliti mitochondrial DNA, yang diturunkan langsung dari ibu ke anak-anaknya.

Sedikitnya mutasi pada dua bentuk DNA tersebut memberikan semacam petunjuk genetik yang bisa dipakai para ilmuwan untuk melacak migrasi mereka serta garis-garis keturunannya. Hasilnya sungguh di luar dugaan, karena penduduk Malagasy ternyata memiliki gen serupa dengan yang ditemukan pada orang-orang Dayak.

"Ini didukung dengan kemiripan dialek mereka. Bahasa asli yang dipakai orang-orang Malagasy di Madagaskar mirip seperti bahasa Dayak Maanyan yang dipakai di Kalimantan bagian selatan," kata Matthew Hurles, dari Wellcome Trust Sanger Institute at Cambridge, yang ikut serta dalam penelitian.

"Penduduk Malagasy sendiri secara umum merupakan campuran dua kelompok nenek moyang, yakni orang Indonesia dan Afrika Timur," lanjutnya. "Nenek moyang ini telah membaur selama berabad-abad, sehingga penduduk Madagaskar saat ini memiliki darah Indonesia dan Afrika."

Penemuan di atas juga menimbulkan dugaan adanya migrasi besar dari Asia tenggara ke Afrika antara 1.500 hingga 2.000 tahun lalu, ungkap para peneliti dalam tulisan di American Journal of Human Genetics. (Rtr/wsn)

sumber kompas

Peniti Pikiran mengatakan...

Saya sependapat sich...dgn..Om @ Anonim @Budi @masoro @busmalem.......................

Sepertinya setiap artikel sejarah yg tertulis di Dunia Maya ..ada baiknya tuk dikaji secara mendalam ..........:)] :)]

Mengenai MADAGASKAR.......
Catatan terlengkap tentang MADAGASKAR bisa dilihat pada CATATAN perjalanan FERDINAND MAGELLAN...
"Tak heran jika Ferdinand Magellan merekrut beberapa anak buah kapalnya dari para pelaut Nusantara ini dalam perjalanan keliling dunianya 1519-1522 atau 300 tahun sesudah muhibbah pelaut Bugis ke Madagaskar di ujung pantai Afrika" ~x(

Catatan lain...
Pada abad ke satu, Madagaskar telah didarati para pengembara laut dari Nusantara Indonesia, tepatnya nenek moyang orang Kalimantan Selatan bahagian tenggara (Barito)..... :X

Catatan Lain pada Epik Terpanjang di Dunia yang merupakan Kitab Suci Terpanjang di Dunia yang tercipta sebelum Epik MAHABRATA..............yaitu I LA GALIGO (silahkan di Googling)..
Dimana ada tercatat bahwa Masyarakat Bugis dalam kisah Sawerigading (naskah La Galigo) juga mengunjungi Madagaskar..... :D :D

Catatan Lain..... ( namun bisa menghebohkan )
Tentang MADAGASCAR and the FUTURE of the NUSANTARIAN WORLD... apakah MADAGASKAR TERMASUK WILAYAH NUSANTARA .... tergantung penilaian anda....????
Bukti-bukti arkeologi menunjukkan bahwa bangsa Nusantarian ini telah melayari ribuan pulau di lautan Pasifik ke timur hingga Pulau paskah/Easter, ke utara hingga Taiwan, ke barat hingga Madagaskar di Lautan Hindia. Bangsa pelaut Nusantara ini berjumlah sekitar 300juta tetapi kini terpisah-pisah secara politik dalam 34 negara resmi. Sebahagian sebagai bangsa berdaulat, sebagian sebagai negara bagian negara2 Barat (Anglo), ada yang jadi negara protektorat, dan ada juga yang menjadi negara barat seperti Aotearoa yang oleh penjajah Inggris diberi nama New Zealand. .......????? :)) :))
"Malayo_Polynesian" atau "Austronesian". Apapun istilahnya, penduduk dari kepulauan ini –kira2 meliputi 60% keliling bumi dari timur hingga barat (Paskah hingga Madagaskar), dan dari utara ke selatan (Pekan/Taiwan hingga ke Aotearoa/sebutan asal bagi New Zealand oleh suku Maori)-Kalimantan,Paparan Sunda,Sulawesi Sumtara,Malaka hingga Kepulauan Cook,Hawaii pesisir pantai colombia terikat dalam suatu ethnolinguistic group yang sama, yang mempunyai kesamaan warisan Nusantarian yaitu dicirikan dengan afiniti dalam linguistik, budaya dan ras. Peradaban Nusantara ini dicirikan dengan beberapa features dalam organisasi sosial, teknologi, kepercayaan dan ekspresi. Dari sudut antropologi mayoritas puak Nusantarian –kecuali Melanesian- memiliki bentuk fisik manusia yang sama. Dicirikan dengan model ‘Melayu klasik’ dimana tulang tengkoraknya berbentuk moderat, kulit sawo matang, rambut berombak, kelopak mata yang tidak sipit. Mereka juga mempunyai persamaan dalam teknologi perahu layar tradisionalnya.....................................................:)]
Jadi......apakah itu Madagaskar merupakan Nusantara....
Dimana PERADABAN NUSANTARA telah hilang.... dengan hegemoni sejarah PERADABAN Eropa hingga ATLANTIS yang lebih dipahami ketimbang Peradaban sendiri................;))

Teto Silo mengatakan...

Haduh kok ribet2 amat sih .. orang jawa kan hasil perkawinan antara ras india dan melayu .. lagipula bahasa jawa banyak ngambil bahasa urdu-india .. jadi wajar aja mirip2 ama salah satu bahasa suku di madagaskar .. karena emang orang urdu-india kan udah ada sejak ribuan tahun lalu di madagaskar.
Bukan karena kunjungan jawa, majapahit dan bugis lah .. hehehe
Emang dari 2000 - 3000 tahun SM bangsa2 Proto Malayan (Melayu Tua) udah nyebar tuh kemana-mana ke sumatra, kalimantan, sulawesi, filipina, kep. pasifik, sampai ke madagascar. Sukubangsa Proto Malayan itu adalah Toraja, Dayak, Batak, Ranau, Igorot, Bontoc, Tayal dan Wajo.
Jadi salah satu sukubangsa Proto Malayan inilah yang sampe di madagascar dan mengusung bahasa dan dialek maanyan yang berunsur melayu di madagascar. Kayanya sih sukubangsa Bontoc yang mendarat di Madagascar, selain mendarat di Filipina dan Kalimantan. Karena ada hubungan erat antara bahasa Dayak Maanyan di Buntok, Barito dengan Suku Bontoc di Filipina dan dengan bahasa di Madagascar.

Anonim mengatakan...

Orang Dayak, Batak, Jawa, Melayu, Bugis dll dateng bareng-bareng ke Madagascar.

Anonim mengatakan...

@Toutou : wah kan pendapat itu banyak, bukan begitu :D ? Jika memang orang Jawa itu memiliki darah India, lantas mengapa menurut Prabuguru Darmasiksa, salah satu tokoh dalam kerajaan Sunda. Dalam nasihatnya kepada Wijaya (pendiri kerajaan Majapahit), mengatakan bahwa orang Sunda dan orang Jawa bersaudara?

Anonim mengatakan...

memang benar bahwa bangsa nusantara telah lama datang ke madagaskar. DAN...LOGIKA SAYA SANGAT menerima " jika Mayoritas Bangsa nusantara yang datang ke madagaskar itu adalah BANGSA DAYAK khususnya Dayak Ma'anyan. Dari bahasanya sangat jelas dimana mayoritas merupakan bahasa Dayak Ma'anyan Kuno ( yang belum bercampur istilah serapan dari sanskerta dan arab ). Misal Saya Orang jawa yang hanya bisa berbahasa Jawa, ketika saya dan sebagian kecil kelompok pelaut jawa, datang ke daerah yang bukan berbahasa Jawa apakah saya akan tetap berbahasa Jawa? MAU TIDAK MAU SAYA AKAN MENGIKUTI BAHASA ORANG MAYORITAS DI DAERAH ITU, meskipun pada akhirnya keturunan saya setelah berasimilasi dengan penduduk lokal akan tetap menggunakan sebagian kecil istilah asli dari bahasa saya yaitu istilah-istilah dalam bahasa Jawa, yang tentunya akan memperkaya istilah dalam bahasa penduduk lokal. Jadi....sangat logis sekali....jika orang madagaskar tersebut adalah para keturunan pelaut Dayak Ma'anyan di masa lampau yang bercampur dengan sedikit pelaut dari suku nusantara lainnya ( Jawa, Bugis, dan Melayu ). Yang harus Kita fahami adalah...logika orang Indonesia masa kini PASTI SULIT UNTUK MENERIMA KENYATAAN INI dalam PIKIRAN MEREKA " BAGAIMANA MUNGKIN ORANG DAYAK YANG MAYORITAS TINGGAL DI PEDALAMAN BISA SAMPAI DI MADAGASKAR? " Tentu ini adalah pertanyaan idiot yang tetap akan bernilai idiot jika mereka menutup diri akan sejarah Orang Dayak. ORANG DAYAK sebelum agama Islam datang ke nusantara, juga adalah Bangsa pelaut / Bahari dan berkebudayaan Maritim. Namun sejak kedatangan islam banyak dari mereka yang memilih masuk ke pedalaman, untuk mempertahankan Adat budaya aslinya. sementara orang Dayak yang menerima Islam kebanyakan tetap tinggal di pesisir pantai, dan mengadopsi adat budaya dan bahasa para pendahwah Islam ( orang melayu ).

Anonim mengatakan...

Wah, Orang jawa cuman ngaku2 aja , gajahmada lah, majapahit lah semua itu bullshit, orang jowo mana ada budaya merantau sejarah dan filosofi2 jowo sudah membuktikkan orang jowo tdk ada mental merantau kalaupun ada orang jawa di suriname dulunya kan sebagai budak yang di bawa ama londo2, dan sekarang orang jowo ada di banyak pulau di indon juga karena di fasilitasi ama pemerintah indon, oi jowo2 coba pahami dan sadari itu tuh filosofi kalian " makan tidak makan ngupul" kan bukti sebuah budaya dimana merantau adalah hal yang tidak umum,
Dunia pada dasarnya mengakui sebagian orang2 madagaskar dari perantau atau ekspansi dayak manyaan, di kalimantan yang dulunya adalah para perantau ulung, sayang sekali sekarang budaya mereka di kebiri ama indon2 sundal, semoga saudara2 Dayak dan orang2 Borneo suatu saat akan bangkit.

Anonim mengatakan...

gak cuma orang malagasy aja lagi, tapi dari hawai,pulau paskah yg misterius itu,selandia baru,taiwan semuanya orang austronesia lgi

Anonim mengatakan...

eh kita ini org indonesia

Anonim mengatakan...

yang enak test dna bos yg udah dilakukan sample di tiap wilayah nusantara, kalau masalah suku itu masalah kebiasaan yg paling kuat di wilayah yang di tempati ( contoh ane punya saudara udah lahir dan besar di palembang dan bengkulu tetap aja dia punya adat dan cara bicara seperti orang wilayah dia lahir walaupun orang tuanya bukan dari wilayah itu(kalau mudik lebaran dari jakarta juga ke palembang dan bengkulu), ane pernah punya peta dna di dunia, kalau di nusantara di pulau sumatra jawa kalimantan sulawesi,sampai madagaskar kecuali ambon ketimur beda, susunan dna nya sama makanya di sebut Ras Malayen, trus di bagi bagi lagi menjadi suku suku berdasarkan kebiasaan budaya. dari test dna tersebut ternyata di nusantara susunan dnanya paling banyak, itu menunjukan bahwa di nusantara ini percampuran semua orang dari seluruh wilayah di dunia, karena wilayahnya kepulauan yang dikelilingi laut alias pusat perdagangan. gitu bos ceritanya

Komik Naruto mengatakan...

hebat ya gan bisa sampe ke madagascar

Yohanes Ngalai Nobessito mengatakan...

Berdasarkan uji DNA dan linguistik ternyata penduduk asli MADAGASKAR adalah DAYAK MAAYAN.
Hidup Borneo.

Yohanes Ngalai Nobessito mengatakan...

Berdasarkan uji DNA dan linguistik ternyata penduduk asli MADAGASKAR adalah DAYAK MAAYAN.
Hidup Borneo.

Anonim mengatakan...

banyak neter disini yang berusaha mengubah ubah hasil penelitian para ahli mengenai penduduk asli Madagaskar ternyata orang Dayak. Para neter berusaha bangkit untuk menyamarkan Dayak yang menguasai Madagaskar menjadi Melayu, Jawa dan Bugis padahal sudah jelas hasil penelitian para ahli tentang genetik melalui mitocondria, kromosom dan DNA mereka adalah sama antara orang Madagaskar khususnya kerajaan Merina dan orang Dayak Maayan di Kateng dan sebagian Kalsel. Penelitian tersebut bukan diterka terka tetapi melalui uji lab dan sebagainya, bagaimana kita mau membatahnya?
Tentang kerajaan Mernia bisa saja adalah sebuah kerajaan pengembangan dari Kerajaan Kutai dahulu. Jelas bukan bahwa Dayak dari sononya sudah memang pintar, mampu berkarya terbukti dengan adanya Kerajaan Kutai dan Kerajaan Merina di madagaskar hanya saja orang orang Dayak dibodoh bodohin Jawa. Partai Dayaknya dihapus, Pencipta Lambang Negara Burung Garuda Sultan Hamid II tidak diakui negara Indonesia yang notabene dikuasai Jawa saat ini. Nah, suatu saat dunia akan melihat bagaimana kehebatan orang Kalimantan sesungguhnya yang menguasai wilayah lain tanpa menjadi budak atau diperjual belikan. Itu baru namanya menguasai. Sesungguhnya Jawa bagian Barat juga sudah diinvasi orang Kalimantan terbukti orang Betawi merupakan percampuran antara Orang Melayu Sambas dengan orang Cina Singkawang yang berdagang dan merapat di Sunda Kelapa. Oleh karena mereka tidak bisa berbahasa Sunda maka orang Sunda yang menyesuaikan diri dengan bahasa orang Sambas tersebut sehingga tercipta bahasa dengan dialeg baru yg dinamakan bahasa Betawi. Betawi sendiri sebenarnya berasal dari kata Batavi yang artinya Ketepian atau Merapat.Jadi saya sangat yakin orang Sunda dan Betawi memang bernenk moyangkan orang Kalimantan juga, salah satunya dapat dilihat dari ras, bentuk kulit dan wajah kecuali orang Jawa seperti tukul kebanyakannya. Orang Jawa memang asli orang pulau jawa dan mereka memang keturunan manusia kera seperti yang ditemukan di beberapa tempat manusia purba Wajak Hensis, Solo Hensis, MAnusia Trinil dan sebagainya. Jadi dengan latar belakang evolusi manusia Jawa maka sangat tidak mungkin manusia Jawa melakukan pengembaraan ke luar pulaunya pada saat itu. Kalau saat ini ya jelaslah karena pemerintahannya dipegang Jawa maka orang Jawa keenakan.

Anonim mengatakan...

banyak neter disini yang berusaha mengubah ubah hasil penelitian para ahli mengenai penduduk asli Madagaskar ternyata orang Dayak. Para neter berusaha bangkit untuk menyamarkan Dayak yang menguasai Madagaskar menjadi Melayu, Jawa dan Bugis padahal sudah jelas hasil penelitian para ahli tentang genetik melalui mitocondria, kromosom dan DNA mereka adalah sama antara orang Madagaskar khususnya kerajaan Merina dan orang Dayak Maayan di Kateng dan sebagian Kalsel. Penelitian tersebut bukan diterka terka tetapi melalui uji lab dan sebagainya, bagaimana kita mau membatahnya?
Tentang kerajaan Mernia bisa saja adalah sebuah kerajaan pengembangan dari Kerajaan Kutai dahulu. Jelas bukan bahwa Dayak dari sononya sudah memang pintar, mampu berkarya terbukti dengan adanya Kerajaan Kutai dan Kerajaan Merina di madagaskar hanya saja orang orang Dayak dibodoh bodohin Jawa. Partai Dayaknya dihapus, Pencipta Lambang Negara Burung Garuda Sultan Hamid II tidak diakui negara Indonesia yang notabene dikuasai Jawa saat ini. Nah, suatu saat dunia akan melihat bagaimana kehebatan orang Kalimantan sesungguhnya yang menguasai wilayah lain tanpa menjadi budak atau diperjual belikan. Itu baru namanya menguasai. Sesungguhnya Jawa bagian Barat juga sudah diinvasi orang Kalimantan terbukti orang Betawi merupakan percampuran antara Orang Melayu Sambas dengan orang Cina Singkawang yang berdagang dan merapat di Sunda Kelapa. Oleh karena mereka tidak bisa berbahasa Sunda maka orang Sunda yang menyesuaikan diri dengan bahasa orang Sambas tersebut sehingga tercipta bahasa dengan dialeg baru yg dinamakan bahasa Betawi. Betawi sendiri sebenarnya berasal dari kata Batavi yang artinya Ketepian atau Merapat.Jadi saya sangat yakin orang Sunda dan Betawi memang bernenk moyangkan orang Kalimantan juga, salah satunya dapat dilihat dari ras, bentuk kulit dan wajah kecuali orang Jawa seperti tukul kebanyakannya. Orang Jawa memang asli orang pulau jawa dan mereka memang keturunan manusia kera seperti yang ditemukan di beberapa tempat manusia purba Wajak Hensis, Solo Hensis, MAnusia Trinil dan sebagainya. Jadi dengan latar belakang evolusi manusia Jawa maka sangat tidak mungkin manusia Jawa melakukan pengembaraan ke luar pulaunya pada saat itu. Kalau saat ini ya jelaslah karena pemerintahannya dipegang Jawa maka orang Jawa keenakan.

Anonim mengatakan...

orang-orang idiot aja yang tidak tahu sejarah gajah mada dan majapahit

Anonim mengatakan...

hanya orang-orang bodoh dan idiot aja yang tidak mengetahui kemaritiman gajah mada dan majapahit.

Anonim mengatakan...

Aku juga idiot, soale aku ngak tau sejarah gajah mada......

Anonim mengatakan...

Sebenarnya secara nalar orang cerdas membuktikan kalo Gajah Mada itu orng Dayak Ma'anyan, coba tuh lihat sekarang Para bhayangkara Keraton di Jakarta ada kok Jenderal berbintang bahkan kalo Presidennya orang Dayak, Kepala Bhayangkara Negara atau panglima perangnya mungkin "diaudisi" bisa dari orang Ma'anyan lho??

Anonim mengatakan...

Sebenarnya secara nalar orang cerdas membuktikan kalo Gajah Mada itu orng Dayak Ma'anyan, coba tuh lihat sekarang Para bhayangkara Keraton di Jakarta ada kok Jenderal berbintang bahkan kalo Presidennya orang Dayak, Kepala Bhayangkara Negara atau panglima perangnya mungkin "diaudisi" bisa dari orang Ma'anyan lho??

Anonim mengatakan...

Sebenarnya secara nalar orang cerdas membuktikan kalo Gajah Mada itu orng Dayak Ma'anyan, coba tuh lihat sekarang Para bhayangkara Keraton di Jakarta ada kok Jenderal berbintang bahkan kalo Presidennya orang Dayak, Kepala Bhayangkara Negara atau panglima perangnya mungkin "diaudisi" bisa dari orang Ma'anyan lho??

Anonim mengatakan...

Sebenarnya secara nalar orang cerdas membuktikan kalo Gajah Mada itu orng Dayak Ma'anyan, coba tuh lihat sekarang Para bhayangkara Keraton di Jakarta ada kok Jenderal berbintang bahkan kalo Presidennya orang Dayak, Kepala Bhayangkara Negara atau panglima perangnya mungkin "diaudisi" bisa dari orang Ma'anyan lho??

Anonim mengatakan...

Sebenarnya secara nalar orang cerdas membuktikan kalo Gajah Mada itu orng Dayak Ma'anyan, coba tuh lihat sekarang Para bhayangkara Keraton di Jakarta ada kok Jenderal berbintang bahkan kalo Presidennya orang Dayak, Kepala Bhayangkara Negara atau panglima perangnya mungkin "diaudisi" bisa dari orang Ma'anyan lho??

Anonim mengatakan...

Madagaskar atau malagasi itu adalah bangsa yang dahulunya berasal dari Nusantara, namun megngenai asal usul mereka, tidaklah perlu diperdebatkan, kita semua adalah bersaudara artinya disini saudara tua karena kita berasal dari satu nenek moyang.

Patutlah kita berbangga kalau ternyata dahulu kala Nusantara ini luas kekuasaannya. Kenapa kita harus ribut, marilah kita sebagai generasi muda untuk bersatu bukan malah saling mengklaim atau menjelekkan suatu golongan/suku tertentu sebagai yang terbaik atau terjelek.

Jika kita masih berpikiran seperti itu maka jiwa-jiwa imperialisme yg ditanamkan oleh belanda kepada diri bangsa indonesia dahulu kala ternyata masih melekat pada diri kita selaku generasi muda.

dengan adanya keanekaragaman budaya di indonesia menjadikan kita bangsa yang seharusnya berbudaya. Orang jawa sejatinya orang jawa, bukan berarti dia tidak bisa mempelajari budaya lainnya. dengan belajar budaya lain, menjadikan kita memiliki jiwa kebangsaan/ persatuan. coba kita bayangkan apabila masing-paling daerah ingin merdeka dan membentuk negara sendiri, otomatis akan menjadi negara yang tidak bebudaya, karena hanya memiliki budaya di daerahnya, apakah kita ingin seperti barat yang tidak memiliki budaya.

Marilah kita belajar dari sejarah

Anonim mengatakan...

Beberapa hari yg lalu aku pulang kampung ke tamiang layang, kalteng. Aku orang manyan. Ketika ada acara yg mengundang saudara2 keluarga besar, ada yg menyampaikan ttg orang2 madagaskar bahwa ada yg diyakini berasal dari orang manyan. Beliau mengatakan bahwa berapa persen gitu, 45% kalo ga salah, bahasa di sana sama dgn kosakata manyan. Selebihnya aku ga begitu inget ngomongin apa lagi.

@sito mengatakan...

presiden madagascar, pulau di afrika keturunan indonesia

Anonim mengatakan...

Org pertama di madagascar itu bugis/makassar.

Anonim mengatakan...

kalau ngomong berdasarkan bukti dan hasil penelitian, bukan nerka nerka. Kenapa sih kalau Dayak yang dikenal sebagai nenek moyang orang Madagaskar kemudian berusaha untuk ditutupi? diganti dengan jawalah, bugislah, melayulah dsb.Kenapa sih kalau Dayak? tidak boleh kah Dayak dikenal dunia?

Anonim mengatakan...

dalam sebuah lukisan, raja dari kerajaan merina, Andrianampoinimerina terlihat memakai belangkon,
bendera dari kerajaan merina menggunakan warna putih-merah yang katanya juga dipakai di kerajaan majapahit

edo mengatakan...

jajanan di tamatave madagaskar sama dengan di indonesia yaitu kue apem persis seperti di jawa

Anonim mengatakan...

Hello, Neat post. There's a problem together with your web site in internet explorer, would check this? IE nonetheless is the marketplace chief and a huge element of other folks will leave out your great writing due to this problem.

Also visit my page social bookmarking service

Anonim mengatakan...

Hy ya bener, awalnya saya punya teman didunia maya, yg tinggal di madagaskar, eh setalh liat kok wajhnya dan wajah teman2nya mirip banget sm org Indonesia dgn kulit khas hitam manis, waw....... seneng bgt ya bisa tau banyak ttg mereka. Katanya si disana mmg pakai bahasa Malagasi dan Perancis...

Anonim mengatakan...

Spot on with this write-up, I seriously think this website needs far more attention.
I'll probably be returning to read more, thanks for the information!

Feel free to visit my page :: World Of Tanks Hack
My webpage :: world of tanks hack

Anonim mengatakan...

ya...ya...kita harus bersyukur ternyata bangsa kita ini banyak beragam suku,,,

dengan adanya keanekaragaman budaya di indonesia menjadikan kita bangsa yang seharusnya berbudaya.

Anonim mengatakan...

Hello there, just became aware of your blog through Google,
and found that it is really informative. I'm gonna watch out for brussels. I will be grateful if you continue this in future. Numerous people will be benefited from your writing. Cheers!

Also visit my webpage; forex trading system

Anonim mengatakan...

We're a group of volunteers and opening a new scheme in our community. Your website provided us with valuable information to work on. You've done a formidable job
and our entire community will be grateful to you.

Look at my website ... How to lose Belly Fat

Anonim mengatakan...

Very good article. I will be experiencing many of these issues as well.
.

my web blog; 2013 at 17:52

Anonim mengatakan...

Howdy! This article could not be written much better!

Going through this post reminds me of my previous roommate!
He continually kept talking about this. I am going to send this information
to him. Pretty sure he'll have a very good read. Thank you for sharing!

Feel free to visit my page Starcraft 2 Hack

Anonim mengatakan...

Good day I am so delighted I found your web site,
I really found you by error, while I was researching on Aol for something else, Anyhow I am here now
and would just like to say kudos for a incredible post and a all round entertaining blog (I also love the theme/design),
I don’t have time to read it all at the moment
but I have saved it and also added your RSS feeds, so
when I have time I will be back to read more, Please do keep up the awesome b.



Here is my blog post ... world of tanks hack

Anonim mengatakan...

I just couldn't go away your website before suggesting that I actually loved the standard information a person supply on your guests? Is gonna be back incessantly in order to inspect new posts

Here is my web site: recycling facts

Anonim mengatakan...

Thanks for a marvelous posting! I genuinely enjoyed reading it, you can be a great author.

I will make sure to bookmark your blog and will come back sometime soon.
I want to encourage you to ultimately continue your great posts, have a nice afternoon!


Here is my webpage diaper rash home remedies

Anonim mengatakan...

I am regular visitor, how are you everybody?
This post posted at this web page is actually pleasant.


Review my homepage http://wiki.tymy.cz/

Unknown mengatakan...

Hi semua,,,,

Saya adalah orang jawa Timur yang sudah tinggal 17 tahun di Madagaskar. memang orang2 sini mirip dengan orang daerah indonesia timur, tapi satu hal yang tidak mirip adalah tarian daerah mereka. mungkin org jawa, bugis, dayak dll tidak mengajari nari,,,,

Anonim mengatakan...

Having read this I believed it was extremely enlightening.

I appreciate you taking the time and effort to
put this short article together. I once again find myself personally spending way too much time both reading
and leaving comments. But so what, it was still worth it!


Here is my blog post Microsoft Points

Anonim mengatakan...

Yupss .... Seperti itulah faktanya , tapi kayanya ada hal yang di perbaiki dikit ..
1 .Sebutan Indonesia (jawa) , ayolah kawan dalam hal ini Indonesia bukan bearti jawa , saya rasa cukup mengunakan kata indonesia saja ,..
2 .Peneliti memperkirakan ekspansi Wanita Indonesia saat itu di bawa oleh kekuatan maritim yang besar , mengingat kekuatan maritim indonesia yang besar dahulu adalah sriwijaya bukanlah majapahit , lagi pula ekspansi itu terjadi 1200-1600silam jadi kemungkinan terbesar adalah sriwijaya , kenapa sriwijaya : karna keraja'an, ini lebih tua dari majapahit , jalur kekuatannya pun menguasai jalur perdagangn laut , dan menjadi keraja'an maritim tebesar di Nusantara , jadi para peneliti lebih condong ke Keraja'an sriwijaya ,
3.Bahasa yang di gunakan mirip dari bahasa pedalaman dayak Barito , jadi dalam hal ini , bukan jawa , (maka dari itu , sebutan Indonesia(jawa)saya rasa lebih baik di ubah , cukup dengan Indonsia saja )
Punten ini cuma usulan saja , biar saodara" kita juga lebih merasa Indonesia ..

Anonim mengatakan...

I wanted to thank you for this very good read!! I certainly enjoyed every little bit of
it. I have got you bookmarked to look at new stuff you post…

My blog post; download 7Zip

Anonim mengatakan...

Very nice blog post. I absolutely love this site.
Keep writing!

Look into my page :: xklgeorgina.Skyrock.com

Anonim mengatakan...

Thank you for sharing your info. I really appreciate your efforts and
I will be waiting for your next post thank you once again.



My web-site :: Unknown

Anonim mengatakan...

I blog often and I seriously appreciate your content.
Your article has really peaked my interest. I am going to book mark your blog and keep checking for new details about once a week.
I subscribed to your Feed too.

My web page :: Unknown

Anonim mengatakan...

Awesome! Its really awesome piece of writing, I have got much
clear idea concerning from this article.

my page diaper rash remedies

Anonim mengatakan...

I do trust all the concepts you've presented on your post. They are very convincing and can certainly work. Still, the posts are too brief for newbies. Could you please lengthen them a little from next time? Thanks for the post.

Feel free to visit my homepage - Ps3 Jailbreak

Anonim mengatakan...

Hello! I could have sworn I've visited your blog before but after going through a few of the articles I realized it's new
to me. Anyways, I'm certainly pleased I found it and I'll be
book-marking it and checking back frequently!

Look at my site - shanonvgj.Datingish.hk

Anonim mengatakan...

What i do not realize is actually how you're no longer really much more neatly-preferred than you might be right now. You are so intelligent. You realize therefore considerably on the subject of this topic, made me personally imagine it from so many numerous angles. Its like women and men are not interested except it's one
thing to do with Lady gaga! Your individual stuffs great. At all times care
for it up!

Feel free to visit my web-site: Unknown

Anonim mengatakan...

Hmm it seems like your site ate my first comment (it was super long) so I
guess I'll just sum it up what I wrote and say, I'm
thoroughly enjoying your blog. I as well am an aspiring blog blogger but I'm still new to everything. Do you have any recommendations for inexperienced blog writers? I'd definitely appreciate it.



Also visit my web-site ... Mon Jervois

Anonim mengatakan...

What's up to every , since I am in fact keen of reading this website's post to be updated daily.

It contains nice information.

My web site Stretch Marks

Anonim mengatakan...

Its like you read my mind! You appear to know a lot
about this, like you wrote the book in it or something.
I think that you can do with some pics to
drive the message home a bit, but instead of that, this is
great blog. A great read. I will definitely be back.

Feel free to visit my homepage Dragonvale Cheats

Anonim mengatakan...

Hello there, You've done a great job. I'll definitely digg it and personally recommend to my friends.
I'm sure they'll be benefited from this site.


my webpage - Unknown

Anonim mengatakan...

Nice post. I learn something totally new and challenging
on websites I stumbleupon every day. It's always interesting to read through content from other writers and use something from other websites.

Also visit my web page: Unknown

Anonim mengatakan...

Today, I went to the beach with my kids. I found a
sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said "You can hear the ocean if you put this to your ear." She put the shell to her ear and screamed.
There was a hermit crab inside and it pinched her ear.

She never wants to go back! LoL I know this is totally off topic but I had to tell someone!


Also visit my site - maisiecol.Momaroo.Com

Anonim mengatakan...

Hey there! This is my 1st comment here so I
just wanted to give a quick shout out and say I genuinely enjoy reading your articles.

Can you suggest any other blogs/websites/forums that cover the same topics?
Thank you so much!

Here is my web blog; Unknown

Anonim mengatakan...

This excellent website truly has all the info I wanted concerning this
subject and didn't know who to ask.

Check out my web site: Psn Code Generator

Anonim mengatakan...

Hi there, I discovered your website via Google while looking for a related matter,
your web site came up, it seems to be good.
I've bookmarked it in my google bookmarks.
Hello there, simply became aware of your blog through Google, and located that it's really
informative. I am gonna watch out for brussels. I'll appreciate if you proceed this in future. Lots of other folks might be benefited out of your writing. Cheers!

My website; http://cptyul.er-webs.com/

Anonim mengatakan...

It's genuinely very complex in this full of activity life to listen news on Television, so I simply use web for that purpose, and get the newest news.

My web site :: diaper rash home remedies

Anonim mengatakan...

Hi there! This blog post couldn't be written any better! Looking through this article reminds me of my previous roommate! He continually kept preaching about this. I will send this article to him. Pretty sure he'll have a
great read. Thanks for sharing!

Here is my blog post :: unknown

Anonim mengatakan...

Howdy! I realize this is sort of off-topic but I had to ask.
Does operating a well-established website such as yours require a lot of work?

I am brand new to operating a blog however I do write in my diary everyday.
I'd like to start a blog so I will be able to share my personal experience and thoughts online. Please let me know if you have any suggestions or tips for new aspiring blog owners. Appreciate it!

Also visit my web-site; Unknown

Anonim mengatakan...

bookmarked!!, I really like your site!

my web site - unknown

Anonim mengatakan...

Quality articles is the key to interest the visitors
to visit the website, that's what this site is providing.

Here is my blog post ... Code Psn Gratuit

Anonim mengatakan...

Valuable info. Fortunate me I found your website accidentally, and I'm surprised why this coincidence did not took place earlier! I bookmarked it.

Also visit my web-site: World Of Tanks Hack

Anonim mengatakan...

I am in fact glad to read this weblog posts which consists of lots of useful information,
thanks for providing these kinds of information.


Look into my website :: gayjzzrdw.revelife.com

Anonim mengatakan...

Hola! I've been following your weblog for a while now and finally got the courage to go ahead and give you a shout out from Lubbock Texas! Just wanted to tell you keep up the good work!

Here is my web site Microsoft Office Gratuit

Anonim mengatakan...

I’m not that much of a internet reader to be honest but your blogs really nice, keep it
up! I'll go ahead and bookmark your website to come back later on. Cheers

My website Www.Youtube.com

Anonim mengatakan...

I don't even know how I ended up here, but I assumed this post was great. I don't recognise who you're but definitely you're going
to a well-known blogger if you happen to are not already.

Cheers!

Here is my site: the interlace

Anonim mengatakan...

My partner and I stumbled over here coming from a different web address and thought I might
as well check things out. I like what I see so now i am following you.
Look forward to looking at your web page for a second time.


Also visit my homepage; Http://Www.Dailymotion.Com/Video/Xzjjwo_Candy-Crush-Saga-Cheats-Hack-Working

Anonim mengatakan...

It's nearly impossible to find educated people about this subject, but you sound like you know what you're talking about!
Thanks

Also visit my website: Dragon City Cheat Engine

Anonim mengatakan...

You actually make it seem so easy with your presentation but I find this matter to be actually something which I think I would never understand.
It seems too complicated and very broad for me.
I am looking forward for your next post, I'll try to get the hang of it!

my website - psn Code generator

Anonim mengatakan...

I every time spent my half an hour to read this weblog's posts daily along with a mug of coffee.

Visit my weblog pirater un compte Facebook

Anonim mengatakan...

Mungkin orang yang bicara ngawur di sini masih terbelenggu jiwa2 imprealis,, terlalu bangga dengan kesukuan, bilang suku jawa, dayak, melayu , bugis bahkan saling menjelekan. Terlihat berbeda dengan malaysia yang menganggap suku2 yang ada di Nusantara adalah Bumiputera melayu.
Lagi orang yang suka bicara menjelekan suku lain di sini adalah org yang sempit pikirnya,, dirasuki jiwa devide et impera imprealis,,.
Faktanya, orang Jawa, Melayu dan Bugis adalah orang2 petualang. Saya pernah mengunjungi sebuah kampung di delta sungai mekong propinsi An Giang, Vietnam. Disana saya diceritakan sebuah kisah bahwa yang membangun kampung2 melayu (tetapi bukan melayu versi indonesia yang berarti suku, tetapi versi Malaysia Bumiputera) adalah orang2 indonesia(orang jawa) dan orang Melayu serta Bugis.. Dalam banyak catatan kecil beberapa suku asal Indonesia membaur dan sudah menganggap diri mereka suku jawa atau suku Melayu karena merupakan entitas terbesar. Kisah ini valid diceritakan oleh sesepuh di delta sungai mekong, An Giang, Vietnam. Jadi jangan sempit pikir paham kesukuan. Saya lebih suku konsep orang Bumiputera Malaysia. Lagian di Akhirat tak akan ditanyakan dari suku apa dirimu berasal. Yang akan ditanyakan amalmu kelak.

Anonim mengatakan...

Kebanyakan suku di Indonesia merupakan campuran, seperti palembang yang meruakan campuran melayu jawa.. Sejarah sriwijaya berkata seperti itu. Tapi untuk konsep bahwa kalimantan merupakan induk orang2 indonesia mungkin benar tapi tidak sepenuhnya benar. Orang indonesia itu berasal dari cina selatan. Kemudian menuju kalimantan. Dari kalimantan(kutai) menuju jawa, makanya kenapa kutai merupakan kerajaan tertua. Kemudian menetap di daerah sekitar daerah perbatasan antara sunda dan jawa. Di situ belum ada suku jawa dan sunda kemudian mendirikan kerajaan dengan nama Galuh. Galuh berkembang di Jawa menjadi 2 yaitu Galuh Kawali (Ciamis-Sunda) dan Kalingga (Jawa). Kemudian masing2 berkembang menjadi Jawa dan Sunda. Oleh karena itu memang raja2 jawa dan sunda itu memang bersaudara.

Anonim mengatakan...

Saya adalah orang yang paling suka dengan konsep Bumiputera Malaysia. Dimana mereka menganggap semua suku di Nusantara adalah Bumiputera. Di sana tidak ada ketegangan antara suku2 melayu (melayu, jawa, bugis) karena mereka mengnggap penduduk asli bumiputera.

Hidup Bumiputera....

Anonim mengatakan...

Hi to all, because I am truly eager of reading this webpage's post to be updated on a regular basis. It consists of fastidious data.

Feel free to surf to my web-site league of legends hack

Anonim mengatakan...

Do you mind if I quote a few of your articles as long as I
provide credit and sources back to your blog? My website is in the very same niche as
yours and my users would definitely benefit from some of the
information you present here. Please let me know if this alright with you.

Regards!

Check out my blog post - World Of Tanks Hack

Anonim mengatakan...

Mahapahit itu sebuah kerajaan ilusi saja...tak perna ada dalam kenyataan. Hanya dalam kitab sastra yang oleh ahli barat dianggap sebagai cita cita. Bukankah majapahit itu hanya ada dalam kitab negarakertagama. Tak ada prasasti. Digunakan oleh sukarno untuk mempersatukan bangsa. Dilanjutkan Suharto untuk supaya didukung penuh oleh orang jawa. Makanya mahapahit megalomania itu dipaksakan menjadi sejarah.

Anonim mengatakan...

Hey there! This post couldn't be written any better! Reading this post reminds me of my previous room mate! He always kept chatting about this. I will forward this post to him. Pretty sure he will have a good read. Thank you for sharing!

My page Code Psn Gratuit

Anonim mengatakan...

What's up, I log on to your blogs daily. Your writing style is witty, keep it up!

Here is my website; Psn Code generator

Anonim mengatakan...

Great post. I was checking constantly this blog and I am
impressed! Extremely useful info specifically the last
part :) I care for such information a lot. I was
looking for this certain info for a very long time. Thank you and good luck.


Have a look at my blog ... Minecraft Gift Code Generator

Anonim mengatakan...

What's up to every one, for the reason that I am in fact keen of reading this blog's post to be updated regularly.

It contains nice data.

Also visit my web site - Free Psn Codes :: ::

Anonim mengatakan...

Everything is very open with a very clear explanation of the challenges.

It was definitely informative. Your website is very useful.
Thank you for sharing!

my website; minecraft texture

Anonim mengatakan...

Greetings! Very useful advice within this article! It's the little changes which will make the most important changes. Thanks for sharing!

Visit my web page ... Juegos Flash

Anonim mengatakan...

I loved as much as you will receive carried out right here.
The sketch is attractive, your authored subject matter
stylish. nonetheless, you command get got an edginess over that
you wish be delivering the following. unwell unquestionably come further formerly again since exactly the same nearly a lot often inside case you shield this increase.


Also visit my site: Minecraft Gift Code Generator

Anonim mengatakan...

Hi, Neat post. There's an issue together with your website in internet explorer, would check this? IE still is the market leader and a big part of folks will omit your excellent writing because of this problem.

My homepage - Minecraft Crack

Anonim mengatakan...

What's up everyone, it's my first go to see at this website,
and paragraph is genuinely fruitful for me, keep up posting these types of articles.


Have a look at my page: bandar bola

Anonim mengatakan...

Hi! I could have sworn I've been to your blog before but after looking at some of the articles I realized it's new to me.
Nonetheless, I'm definitely happy I stumbled upon it and I'll be bookmarking it and checking back frequently!


My web page: como ganhar dinheiro

Anonim mengatakan...

With Numark's DJ MIDI controller, supreme purpose and effortlessness is now obtainable for your hopeful DJ in search for any able and dense answer. Select the "Browse" tab on the menu to open a link to your computer and media files. After starting something new, there is definitely that fear of letdown, embarrassment, and of course wasting money.

Feel free to surf to my webpage; virtual dj free download

Unknown mengatakan...

Indonesia adalah bangsa yang besar

Unknown mengatakan...

etnis dari Indonesia banyak menyebar sampai Madagaskar, komentar juga ya ke blog saya www.goocap.com

Ami mengatakan...

sekedar info : update sejarah terkini wallahu a'alam kebenaran hakikinya kerajaan tertua lebih tua dari Kutai dan Taruma Negara adalah Salaka Negara (cikal bakal kerajaan Taruma Negara) yg terletak di DKI Jakarta (Tanggerang-Jakarta-Bekasi-Depok). ya sudah ya salam santun dan nggak usah serius banget jangan-jangan kerajaan kutai itu asalnya dari betawi :)) begitu pula Madagaskar itu dari Betawi :)) pokenya apapun yg terjadi kita kita adalah satu saudara bangsa Nusantara (Indonesia-Malaysia)

franky mengatakan...

yang jelas bahasa kami bahasa ma'anyan 75 % sama dengan bahasa mayoritas di madagaskar.... selebihnya kami ga tau....

Anonim mengatakan...

dan kau slh 1 sundalnya...

Anonim mengatakan...

Artikel diatas bersifat substantif alias menganggungkan sukuisme nya (Jawa). Oleh karena sentimen suku Jawa itulah yang menganggap diri suku paling baik dan hebat sehingga suka mempostingkan sukunya sebagai suku yang hebat. Hebatnya suku Jawa itu di saat Indonesia merdeka dan difasilitasi negara, kalau bukan karena pemimpin negara ini Jawa, taik kucing lah Jawa itu hebat.
Kita semua tahu binatang bernama "kera" apakah kera bisa berbagi dengan temannya? Bukankah kera binatang yang rakus, semua makanan untuk dirinya? Bukankah kera binatang yang angkuh dan keras kepala? Nah Fakta membuktikan bahwa manusia yang berasal dari kera dengan ditemukannya fosil-fosil semua terletak di tanah Jawa bukan? Artinya dengan ditemukannya fosil manusia kera seperti Pictehantropus erectus, Homo Soloensis, Homo Wajakhensis, manusia kera dari Trinil, semmua membuktikan bahwa orang Jawa memang berasal dari kera. Lihatlah sifat-sifat kera didalam diri orang Jawa, banyak jadi pelacur, budayanya yang dikatakan halus ternyata dalam prakteknya kok malah kasar. Tidak ada bahasa yang santun, penuh tipu daya dalam otaknya, tamak dan rakus semua mau untuk dirinya, tidak mau berbagi, keras kepala (lembut tapi keras), hidup suka mengelompok baik suku maupun bahasa. Kulitnya hitam, rata-rata giginya agak mancung mirip kera, matanya benjol, pandangannya curiga, perbuatannya seolah-olah baik padahal ingin menguasai dan merampok milik orang lain secara halus.
Jadi sudah sangat dekat sekali sifat-sifat kera pada diri orang Jawa sehingga kedekatan ini membuat kesimpulan yang benar benar klop dimana manusia kera atau fosil manusia kera justeru ditemukan di pulau Jawa yang membuktikan bahwa perkembangan manusia Jawa memang bermula dari kera. Hal itu terlihat dari sifat-sifat kera dalam diri orang Jawa hingga saat ini. Lihat saja sekarang apakah ada manusia di Jawa yang bisa diatur? semuanya mau mengatur bukan? Saya punya ipar 2 orang Jawa sifat-sifat mereka memang berbeda dari Ras Melayu. Ras Melayu baik Proto Melayu maupun Deutro Melayu sama hanya yang membedakan adakah keyakinan. Manusia Ras Melayu memang benar-benar Homo Sapiens hal itu terbukti dengan ditemukannya fosil tua di Gua Niah Bintulu Sarawak Malaysia dimana disebutkan bahwa manusia di Kalimantan adalah manusia dengan jenis Homo Sapiens (Manusia sempurna) yang memiliki akal budi dan memilliki keteraturan sistem hidup. Nah bandingkan keduanya. Sebagai contoh kita dapat melihat perbedaan antara kedua negara Indonesia yang didominasi oleh Jawa dengan sistem bernegara dan kehidupan sosialnya dengan Malaysia yang dipegang oleh Melayu dengan sistem negara dan kehidupan sosialnya. Berbeda bukan???? Lihatlah manusia Jawa tidak bisa diatur persis seperti kera diusir datang lagi. Lihatlah manusia Melayu dilarang dia tetap mengikuti larangan itu. Jelas sekali perbedaan ras antara Jawa dan ras Melayu. Karena semua itu bermula dari ditemukannya bukti-bukti sejarah bahwa manusia Jawa berasal dari "KERA", dan manusia ras Melayu berasal dari manusia yang sempurna (Homo Sapiens). Sekian dan terima kasih, silahkanlah membenci karena memang ini fakta sejarah yang kita semua pelajari di sekolah. Kalau membenci saya silahkan terlebih dahulu membenci para arkeolog yang menemukan fosil-fosil.
Begitu bangga nya Jawa dengan ditemukannya fosil-fosil manusia purba yang berasal dari kera, tidak tahunya bukti fosil tersebut membuktikan bahwa mereka memang berasal dari kera, liat saja dari gaya hidupnya.

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum dari kera-kera Jawa. Kuk kuk kuk....

Unknown mengatakan...

Yg posting ini adalah manusia sempurna diantara para kera shg nada omongannya ketularan seoerti kera dan telah kehilangan sifat manusianya....

Unknown mengatakan...

Madagaskar itu adalah kekuasaan sriwijaya palembang. Dan ras disana juga ras melayu . . sumatr . Ga ada hubungannya dengan jawa atau yg lainny . Maaf mas masasmoro ini kurang pintar tipu tipunya . .silahkan cari bukti buktinya dari mana asalnya ras madagaska .

jufanbuba mengatakan...

Trima kasih untuk artikelnya, sangat membantu sekali dalam memahami hubungan sejarah antara negara madagaskar dan Indonesia... Saya jufan, mahasiswa yang sedang mendalami folkmusic atau musik traditional di Indonesia, saya asli NTT dan gemar bermain alat music dr pulau Timor yaitu Sasando.. dalam suatu video seni music reage yang sy tonton di youtube, sebuah band asal madagaskar memainkan alat/instrumen music yang 100% serupa dengan sasando..Perbedaannya dgn sasando hanya pada unsur daun lontar yang tidak terdapat pada alat music tsb. Setelah di-googling ternyata alat music asal madagaskar terkenal dengan sebutan VALIHA.. Untuk memastikan kejadian kebetulan yang menaarik ini, saya telah menonton video youtube yang menampilkan alat musik saat dimainkan... Dan cukup menarikk.. Instrumen alat musiknya sangat mirip, notasi dan rasa musik yang dimainkan sangat serupa dengan SASANDO yg dimainkan oleh masyrakat tradisional Timor.. sangat menakjubkan!!.. Ada beberapa kosa kata dalam bahasa pulau Rote, yang mirip dengan bahasa yg terlantun dlm lagu2 madgaskar, dan mungkin maknanya mendekati arti yang sama.. Sperti mai fali: Faly (home),yg artinya senang atau kehangatan keluarga... Ca, sua, telu, pat, (p.Rote) bilangan..

Atas dasar kejadian ini, sulit bagi kita untuk mengklaim bahwa migrasi yg terjadi berpuluh ribu tahun lalu hanya dilakukan oleh kelompok masyarakat etnis atau bangsa tertentu di Nusantara.. Ada proses migrasi yang terjadi secara gradual, dalam bebrapa kali periode, yang menyebabkan keragaman di Indonesia terepresbtasi di Madagaskar..
Ini sangat menarik untuk diteiliti kembali.. Trimakash..

Edinur mengatakan...

saya ingin sedikit menambahkan info terkait asal usul madagaskar yang ternyata benar berasal dari INDONESIA, hal ini di sampaikan kawan saya asli orang madagaskar yang bekerja satu kantor dengan saya. namanya hatrina dia mengakui kalo nenek moyangnya memang dari INDONESIA tapi DIA TIDAK TAHU PERSIS DARI SUKU APA, hanya tahu kalo DIA BERASAL DARI INDONESIA. WAJAH hatrina sangat sangat mirip dengan wajah orang melayu/INDONESIA BAHKAN DIAPUN MENAYADARI HAL ITU.

Anonim mengatakan...

Bahasa Indonesia Bahasa Banjar Bahasa Malagasi Bahasa Maanyan
Lemur / Beruk Warik Varika Weruk
Kemaluan lelaki Butuh Voto Wutu
Bulu Bulu Volo Wulu
Bulan Bulan Volana[12] Wulan
Seribu Saribu Arivo[13] Saribu
Batu Batu Vàto[14] Watu
Badan Awak Vàtana[15] Tenga
Buaya Buhaiya Vuai Wu'ah
Buah Buah Vua Wuag
Buka Buka Vuha Uka
Burung Burung Vorona[16] Wurung
Bunuh Bunuh Mamono Wunu
Bubu Lukah Vuvu Wuwu
Bukit Gunung Vuhitra Wungkur
Berat Barat Vesatra Weat
Ini sebagian bahasa Madagaskar dengan sebagian persaman dengan Bahasa Maayan.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Indahnya Alam Negeriku is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com|modified by masoro